• iconLubuklinggau, Sumatera Selatan
  • icon(0733) 451646
icon

Need Help? call us

(0733) 451646

Tentang Kami

Tentang Kami

Sambutan Rektor

Yayasan yang menyelenggarakan Universitas Musi Rawas adalah Yayasan pembina Pendidikan Tinggi Bumi Silampari Musi Rawas berdasarkan akte notaris Indra Putra Jaya, SH dengan Nomor 39 tanggal 15 November 2010 dan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor : AHU-5142-AH.01.04 tahun 2010. 

Sejarah Singkat

Universitas Musi Rawas adalah suatu Lembaga Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Lubuklinggau yang merupakan perubahan bentuk  dari sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Bumi Silampari dengan menambah prodi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tinggi Bumi Silampari Musi Rawas (YPPT – BSMR). Dengan akte Notaris Indra Putra Jaya,SH Nomor 7 tanggal 8 April 1993 dan akte perubahan Nomor. 39 tanggal 15 November 2010. Yang telah disahkan oleh kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Nomor : AHU-5412.AH.01.04 Tahun 2010. Universitas Musi Rawas mulai beroperasi pada tahun akademik 2009/2010 dengan terbitnya surat izin operasional oleh Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 155/D/O/2009

Visi dan Misi

Visi :

"Mewujudkan Universitas Musi Rawas Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Yang Unggul, Berkualitas Dan Interpreneur University 2025."

Misi :

Universitas Musi Rawas dalam rangka mewujudkan visi di atas mengemban misi sebagai berikut  :

1.
Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, serta perkembangan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha;
2.
Melakukan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan guna mendorong pembangunan daerah dan nasional;
3.
Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan martabat manusia;
4.
Melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait, baik daerah, nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan institusi serta mengkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Struktur Organisasi

Logo Lembaga

Filosofi logo 

Bentuk

Lambang Universitas Musi Rawas berbentuk segi lima yang merupakan   pentagonal, dimana terdapat 5 (lima) sudut yang mencerminkan bahwa   Universitas berlandaskan Pancasila dan merupakan lambang kebebasan   Kampus yang tumbuh dan berkembang, tetapi bertanggung jawab dalam   rangka mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Warna

1.
Latar belakang logo berwarna putih, sebagai warna dasar yang melambangkan kesucian dan kejujuran sebagai sikap dasar civitas akademika dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.
Kuning emas, menunjukkan logam mulia yang mengartikan bahwa Universitas Musi Rawas menjunjung tinggi kemuliaan almamater bangsa dan negara.
3.
Biru, melambangkan warna laut yang dalam atau pegunungan nan jauh, mengandung arti bahwa segenap civitas akademika Universitas Musi Rawas senantiasa berwawasan, berfikir luas dan jauh kedepan.
4.
Hijau, melambangkan kesuburan, mengandung arti bahwa Universitas Musi Rawas berada di wilayah yang subur dan mempunyai tugas untuk menjaga serta meningkatkan kesuburan tanah dan air.
5.
Merah, melambangkan keberanian dan kegagahan yang mengandung arti bahwa segenap civitas akademika Universitas Musi Rawas berani menegakkan kebenaran dan keadilan. 

Falsafah

1.
Bukit, adalah bukit sulap yang terletak di Kota Lubuklinggau yang  merupakan pecahan Kabupaten Musi Rawas, melambangkan kekhasan daerah dan mengandung arti bahwa Universitas Musi Rawas selalu berusaha   mengembangkan citra Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas  sebagai Kota Pelajar.
2.
Lima garis horizontal pada pusat lambang, melambangkan lima sila dari Pancasila yang mengandung arti bahwa segenap civitas akademika   Universitas Musi Rawas selalu menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945  sebagai landasan idiologi dan konstitusi Negara Republik Indonesia.
3.
Pohon karet yang disadap, menunjukkan potensi Kabupaten Musi Rawas sebagai daerah Agraris yang mengandung arti bahwa segenap civitas   akademika Universitas Musi Rawas selalu berorientasi kepada peningkatan produktivitas masyarakat dan kreatif dalam memecahkan masalah-masalah  pembangunan daerah dan bangsa.
4.
Buku yang terbuka, melambangkan ilmu pengetahuan yang mengandung arti  bahwa segenap civitas akademika Universitas Musi Rawas setiap saat   berusaha mempelajari, meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan  teknologi sebagai tugas utama perguruan tinggi.
5.
Dua aliran sungai yang bertemu, melambangkan Sungai Musi dan Sungai Rawas yang menuju ke satu arah dan bertemu menjadi satu di daerah Musi   Ilir dekat perbatasan dengan Kabupaten Musi Banyu Asin. Menunjukkan   sejarah daerah Musi Rawas yang bersumber dari penyatuan dua  Kewedanaan, yaitu Kewedanaan Musi Ulu dan Kewedanaan Rawas.
6.
Sedangkan padi yang berbulir 25 dan setangkai kapas yang berkelopak 9   menunjukkan bahwa tanggal 25 dan 9 (September) tahun 2009 sebagai  tonggak awal pengakuan berdirinya Universitas Musi Rawas, yaitu dengan   terbitnya Surat Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor:   155/D/O/2009 tanggal 25 September 2009 tentang Pemberian Ijin   Penyelenggaraan Program Studi Baru dan Perubahan Bentuk STIPER Bumi   Silampari di Lubuklinggau menjadi Universitas Musi Rawas   diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Pendidikan Tinggi Bumi Silampari  di Lubuklinggau Sumatera Selatan.
7.
Padi dan kapas, melambangkan kemakmuran dan keadilan serta   kesejahteraan yang merupakan komitmen segenap civitas akademika Universitas Musi Rawas untuk selalu diperjuangkan bagi rakyat Indonesia.
8.
Garis melingkar berwarna emas, melambangkan keseimbangan ekosistem  atau lingkungan yang dapat menunjang kelangsungan kehidupan. Mengandung arti bahwa segenap civitas akademika Universitas Musi Rawas   bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Tulisan

1.
UNMURA, merupakan singkatan dari Universitas Musi Rawas yang   merupakan perguruan tinggi berbentuk Universitas dengan cabang ilmu yang  dibina adalah ilmu pertanian, teknik, ekonomi dan sosial politik.
2.
Universitas Musi Rawas merupakan nama perguruan tinggi dan   menunjukkan identitas Kabupaten Musi Rawas sebagai cikal bakal   berdirinya Universitas Musi Rawas.
3.
Iman-Ilmu-Amal, merupakan motto Universitas Musi Rawas yang   mengandung arti bahwa segenap civitas akademika Universitas Musi Rawas  senantiasa percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menggali   serta melakukan kebijakan sesuai dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Arti Keseluruhan

Segenap civitas akademika Universitas Musi Rawas adalah manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dengan kebijaksanaan dan wawasan yang luas selalu meningkatkan produktivitas dan kreativitas diri dan masyarakat dalam rangka mewujudkan cita-cita tercapainya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Tuhan.